Thursday, 31 July 2014
468 ads

Depresi Setelah Melahirkan

Depresi Setelah Melahirkan – Persalinan merupakan peristiwa yang sakral sekaligus mencekam bagi seorang wanita, baik secara fisik maupun emosional. Persalinan tidak hanya melelahkan, tetapi juga berperan pada terjadinya perubahan dramatis keseimbangan hormon tubuh, yang kadang menimbulkan perasaan tidak mau hamil lagi. Emosi juga akan menjadi kacau setelah seorang wanita mengalami proses kehamilan. Seorang wanita akan merasa bahwa ternyata menjadi ibu dan mempunyai bayi baru tidaklah mudah, apalagi kalau sebelum melahirkan memperoleh informasi yang kurang benar atau tidak lengkap mengenai menjadi seorang ibu.  Disebabkan oleh faktor diatas suatu persalinan akan diikuti fase ketidakstabilan emosi yang kemudian di ikuti dengan depresi, depresi setelah melahirkan ini bisa terjadi dalam beberapa tingkatanm tergantung dari pemahaman dan kondisi lingkungan dari orang yang melahirkan.

Mengatasi Depresi Setelah Melahirkan

Secara sadar atau tidak kejadian depresi setelah melahirkan akan berpengaruh besar pada pertumbuhan dari anak, dan pada akirnya keharmonisan rumah tangga akan dipertaruhkan. Berikut ini beberapa masalah yang biasanya muncul setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya

*  Jika anda baru mengalami persalinan dalam waktu satu minggu, ada istilah yang sering digunakan di dunia kedokteran yaitu Hari Ketiga Kelabu, ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seorang ibu yang baru melahirkan di hari seminggu pertama kelahiran. Dimana akan muncul perasaan sendu dan depresi. Anda akan mengalami perasaan jenuh dengan kondisi yang ada dan kondisi ini di barengi dengan masalah ASI yang mulai muncul. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang normal terjadi pada ibu hamil.

Cara menanggulangi kondisi ini adalah sebelum melahirkan pahami kondisi yang akan terjadi ini, tentunya dengan mencari pengetahuan tentang kondisi yang akan anda alami ini, sebisa mungkin ciptakan ketenangan selama 7 hari pertama, kurangi jumlah tamu atau anda mencari teman untuk mendampingi selama 7 hari pertama, sebagai tempat untuk membicarakan masalah yang anda alami saat itu, apalagi kalau teman anda sudah pernah melahirkan, akan lebih membantu lagi.

* Masalah kecemasan untuk menyediakan ASI yang cukup bagi jabang bayi, akan kita bahas di artikel selanjutnya.



Halaman ini membahas tentang: kiat mengatasi depresi pasca melahirkan, cara mengatasi depresi pasca melahirkan, tips atasi bosan saat habis lahiran, rasa jenuh setelah melahirkan, Ngatasi jenuh setelah melahirkan, mengatasi rasa jenuh pasca melahirkan, mengatasi perasaan depresi setelah melahirkan, mengatasi jenuh pasca melahirkan, mengatasi depresi pasca melahirkan, ketidakstabilan emosi pasca caesar, depresi pasca melahirkan dan cara mengatasinya, cara menghilangkan kebosanan setelah melahirkan, cara mengatasi rasajenuh pasca persainan, tips menghilangkan jenuh setelah melahirkan


468 ads

Related Posts to "Depresi Setelah Melahirkan"

Response on "Depresi Setelah Melahirkan"